Kamis, 06 Juni 2013

MENGUNTUNGKANKAH MENANAM SINGKONG?
Para petani singkong kita rata-rata mengeluarkan modal kerja sekitar Rp 500.000,- per hektar per musim tanam. Setelah 9 bulan sampai 1 tahun, mereka akan panen sekitar 10 ton singkong segar. Kalau di saat panen harga singkong jatuh hingga tinggal Rp 100,- per kg, petani  masih akan memperoleh pemasukan sebesar Rp 1.000.000,- Keuntungan mereka sebesar 100% dari modal kerja dalam kurun waktu 1 tahun. Sebuah prosentase keuntungan yang cukup baik kalau suku bunga pinjaman komersial paling tinggi 20% per tahun. Sentra singkong terbesar di Indonesia ada di provinsi Lampung. Rata-rata kepemilikan petani singkong di Lampung seluas 2 hektar per orang. Berarti pendapatan bersih mereka per tahun dari singkong adalah Rp 1.000.000,- atau per bulan Rp 83,33. Pendapatan mereka dari singkong memang sangat besar prosentasenya, namun secara nominal petani singkong tidak akan dapat hidup dari komoditas tersebut. Itulah sebabnya mereka lebih mengandalkan pendapatan dari pisang, kelapa, melinjo dan lain-lain komoditas tanaman keras di sela-sela areal singkong. Biasanya mereka juga beternak unggas dan ternak ruminansia.
Pada tahun 70an, almarhum Westernberg dari Medan mampu menghasilkan  sampai 80 ton singkong segar dari satu hektar lahannya. Rahasianya, dia memberikan input pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) separo dari hasil singkong segar yang diharapkan. Jadi untuk memperoleh 80 ton singkong segar tersebut, Westernberg memberi lahannya sebanyak 40 ton pupuk kandang. Kalau satu truk besar mampu mengangkut 5 ton pupuk kandang, maka untuk tiap hektar lahannya, Westernberg memasukkan sampai 8 truk pupuk. Kalau nilai pupuk kandang atau kompos buatan sendiri itu Rp 75,- per kg, maka diperlukan modal Rp 3.000.000,- untuk keperluan tersebut. Aplikasi urea, SP dan KCL (atau dengan NPK) sekitar Rp 1.000.000,- Tenaga kerja, bibit dan lain-lain bisa mencapai angka Rp 1.000.000,- Total modal yang dikeluarkan oleh Westernberg Rp 5.000.000,- Dengan hasil panen sebesar 8 ton dan harga tetap Rp 100,- per kg, maka pendapatan kotornya Rp 8.000.000,- Pendapatan bersihnya hanya Rp 3.000.000,- atau sebesar 60% dari modal kerja.
Pendapatan Westenberg secara prosentase jauh lebih kecil dibanding dengan pendapatan para petani tradisional di Lampung. Yakni hanya tigaperlimanya. Tetapi secara nominal, pendapatan dari tiap hektar lahannya menjadi enam kali lipat dari pendapatan para petani tradisional. Angka-angka tersebut sebenarnya menjadi tidak terlalu penting, sebab bagaimana pun menanam singkong tetap menguntungkan secara ekonomis. Lebih-lebih kalau harga singkong segar bisa menjadi Rp 200,- atau Rp 300,- per kg. Yang bisa dicapai oleh Westenberg tersebut sebenarnya termasuk luarbiasa. Sebab standar internasional hasil singkong per hektar per musim tanam hanyalah 50 ton. Tetapi yang bisa dicapai oleh rata-rata petani kita yang hanya 10 ton per hektar per musim tanam juga jauh sekali di bawah standar internasional tersebut. Sebab para petani sama sekali tidak menggunakan aplikasi bahan organik. Padahal singkong adalah jenis tanaman yang terkenal sangat rakus mengambil unsur hara tanah. Karenanya, lahan-lahan yang ditanami singkong secara monokultur secara terus-menerus, hasilnya akan cenderung makin turun. Tanah tersebut juga akan semakin miskin unsur hara.
Para petani tradisional, biasanya juga tahu kalau singkong itu rakus unsur hara. Tetapi mereka hanya memberikan urea yang akan menambah suplai unsur N (Nitrogen). Dosis yang mereka berikan biasanya sekitar 1 sampai 2 kuintal per hektar. Pemberian urea tanpa aplikasi bahan organik ini akan mengubah struktur tanah menjadi semakin liat. Akibatnya, lahan yang secara terus-menerus ditanami singkong bukan hanya akan miskin unsur hara tetapi juga akan mengalami degradasi (kerusakan struktur). Hingga kalau tetap ditanami singkong hasilnya terus menurun, tetapi ditanami komoditas lainnya juga tidak bisa hidup. Karenanya, aplikasi bahan organik menjadi mutlak dalam penanaman singkong. Kalau kita hanya ingin mendapatkan hasil sesuai dengan standar internasional, maka ke dalam tiap hektar lahan cukup dimasukkan 25 ton kompos (lima truk besar). Kalau kompos tersebut dibuat di lahan tersebut, maka akan diperoleh penghematan biaya transpor.
Meskipun sudah diberi aplikasi bahan organik, lahan yang terus-menerus ditanami singkong akan tetap menurun tingkat kesuburannya. Alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan rotasi. Komoditas yang selama ini paling cocok untuk dirotasi dengan singkong adalah nanas. Lahan bekas singkong yang ditanami nanas, hasilnya akan meningkat dibanding lahan yang terus-menerus ditanami nanas. Sebaliknya, lahan bekas nanas yang dirotasi dengan singkong, hasil singkongnya pun akan naik lagi. Hingga pola yang dilakukan adalah nanas 2 tahun, singkong 2 tahun. Atau nanas 3 tahun, singkong 3 tahun. Kalau satu tahun-satu tahun, nanasnya rugi. Kalau lebih dari tiga tahun, hasil masing-masing akan mulai menurun. Tetapi kemudian timbul masalah. Agribisnis singkong biasanya dilengkapi dengan unit prosesing menjadi tepung tapioka. Agribisnis nanas disertai dengan unit canning atau pembuatan konsentrat. Dua kegiatan ini sama-sama menghasilkan limbah yang kalau dibiarkan akan menjadi gunung yang mencemari lingkungan dengan bau busuknya. Lebih fatal lagi limbah ini akan meracuni tanah maupun sungai.
Limbah singkong maupun nanas sebenarnya masih memiliki nilai ekonomis. Dua komoditas ini masih mengandung nutrisi yang bisa dimanfaatkan oleh ternak. Kulit dan ampas singkong masih mengandung karbohidrat dan selulosa. Sementara tangkai, kulit dan "hati" nanas mengandung gula dan selulosa. Biasanya limbah nanas ini difermentasi menjadi silase sebelum diberikan pada ternak ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba). Sementara limbah singkongnya dapat diberikan langsung. Bisa juga limbah dua komoditas ini dicampur, difermentasi lalu dikeringkan sebelum diberikan kepada sapi. Karenanya di banyak tempat di dunia, lahan singkong selalu menyatu dengan kebun nanas dan peternakan sapi pedaging. Ini pulalah yang kemudian dilakukan oleh Great Giant Peanaple (GGP), sebuah patungan antara Delmonte dengan Gunung Sewu Group di Lampung Tengah sana. Mula-mula Gunung Sewu menanam singkong. Karena lahannya makin kurus dicarilah komoditas yang bisa merotasinya. Ketemu dengan Delmonte yang kebetulan sedang ingin "membuang" nanasnya dari Hawaii. Limbah nanas dan juga singkong ternyata kemudian bermasalah. Masuklah unit peternakan sapi potong.
Di Indonesia, harapan untuk mencapai standar panen singkong 50 ton per hektar masih sangat jauh. Taruhlah kita standarkan 30 ton per hektar. Karena komoditas umbi-umbian berkadar air sekitar 60%, maka bahan padat kering berupa selulosa dan karbohidrat yang dihasilkan masih ada 12 ton. Dengan standar petani tradisional pun, bahan padat kering yang dihasilkan masih ada 4 ton. Ini masih relatif bagus dibanding dengan jagung yang per musim tanamnya 3 bulan dengan hasil sebesar 4 ton pipilan kering (pertanian modern) atau 1,5 ton pada petani tradisional. Artinya dengan asumsi dua kali panen, maka hasil karbohidrat jagung masih lebih rendah dibanding singkong. Pada pertanian modern, singkong menghasilkan 12 ton bahan padat kering, jagungnya 8 ton. Pada pertanian tradisional singkongnya menghasilkan bahan padat kering 4 ton, jagungnya hanya 3 ton. Menghasilkan karbohidrat dari pertanian singkong masih lebih murah dibanding jagung karena biaya produksinya hanya keluar satu kali. Sementara jagung dua kali. Resiko akibat gangguan alam maupun hama/penyakit pun lebih kecil pada tanaman singkong.
Baik singkong maupun jagung sebenarnya merupakan komoditas pendatang. Dua tanaman ini asli dari kawasan tropis benua Amerika. Dibawa ke kepulauan Nusantara sekitar abad XVII oleh bangsa kulit putih. Sebutan bahwa singkong (gaplek) yang dimasak menjadi tiwul adalah makanan pokok (tradisional) orang Gunung Kidul dan Wonogiri, sebenarnya adalah brain washing yang dilakukan oleh kaum penjajah. Makanan pokok orang Jawa adalah padi. Jawa di jaman Hindu dikenal sebagai penghasil beras kualitas baik yang merupakan komoditas ekspor. Ketika Belanda menguasai Jawa, lahan-lahan subur yang semula merupakan areal penanaman padi, dirampas untuk ditanami tebu, tembakau dan rami.  Untuk menghibur inlander yang kekurangan beras, diperkenalkanlah jagung dan singkong yang bisa dibudidayakan di lahan-lahan marjinal. Agar didapat kesan bahwa singkong itu benar-benar makanan pribumi, maka diciptakanlah mitos melalui pelajaran di bangku sekolah bahwa makanan tradisional orang Gunung Kidul dan Wonogiri adalah tiwul yang terbuat dari gaplek singkong.
Masa depan singkong sebenarnya sangat baik. Selama ini singkong yang diolah menjadi tepung gaplek (casava) adalah sumber karbohidrat dalam industri pakan ternak. Sementara pati singkong (tapioca) adalah  bahan baku High Fructose Syrup (HSF) dan Citric Acid. Di tanahair, pati singkong adalah bahan baku kerupuk, bakso dan pempek Palembang yang pangsa pasarnya terus meningkat. Di masa mendatang singkong berpotensi menjadi salah satu pengganti bahan bakar fosil. Setelah diolah menjadi methanol,  singkong adalah bahan bakar sistem cel yang ramah lingkungan. Methanol yang dikonversi menjadi hidrogen, setelah diberi oksigen akan menghasilkan listrik dengan bahan buangan berupa uap air (H2O). Itu semua masih akan sangat panjang. Namun yang jelas singkong bukannya komoditas murahan yang hanya pantas dijadikan makanan pokok kaum inlander.
PACARAN ?
Dalam islam pacaran itu tidak ada, makanya tidak ada alasan untuk merasakan pacaran, entah untuk memburu kesenangan, menghilangkan bete, atau sekedar coba coba, wah bisa gawat itu ....Terkadang pacaran menjadi alasan yang luar bisa untuk menunjukan pelakunya mudah terbawa arus, kurang iman, dan menjadikannya sebagai kesenangan. Anak muda sekarang atau ABG , banyak yang takut di bilang  kuper atau nggak laku kalau tidak mengenal pacaran, kebanyakan dari ABG itu menjadikan pacaran sebagai ajang mencari kasih sayang, karena mereka tidak mendapatkannya dari ortu atau keluarga. penyalahgunaan berdampak buruk bagi kehidupan kita, karena dapat menyebabkan menurunnya keimanan dan rusaknya jiwa kita. pacaran banyak sekali efek negatifnya, bisa terjadi kehamilan di luar nikah, bahkan bisa terjadi aborsi,Naudzubillah min dzaalik. Begitu banyak dampak buruk pacaran, karena itu setiap muslim harus menjauhinya, apabila sudah terjadi efek negatif, maka cepat cepatlah betaubat kepada ALLAH.Walaupun mudah mengatakannya, tapi sulit untuk membuktikannya, bahkan untuk menghidarinya pun sangat sulit, selain butuh waktu panjang, juga perlu motivasi dari ortu dan sanak famili. Lalu bagaimana agar tidak tergoda untuk pacaran ?. Mengingat dampak negatif pacaran serta balasan dan siksa ALLAH merupakan salah satu upaya menumbuhkan tekad untuk menjauhi pacaran. Mendekatkan diri pada ALLAH akan sangat bermanfaat agar tidak terseret arus, jika terlanjur terjerumus kedalamnya, maka bertaubatlah dan tinggalkanlah lingkungan lamamu agar kamu tidak terjerumus. Jadi apa pun alasanya jangan pernah coba coba !!! 
 TUJUH EFEK NEGATIF PACARAN
Wow.. kalau sekilas membaca judul tulisan ini mungkin anda akan terkejut. Masa sih pacaran membawa efek buruk? Pacaran kan asik.. Justru kalau gak pacaran itu ‘ngisini’ alias malu-maluin, karena bisa dibilang gak laku hehe.
Yups.. memang kalau ditinjau dari sisi ‘nafsu’ manusia, pacaran bisa dibilang sesuatu hal umum dan wajar yang katanya sih untuk mengekspresikan cinta yang merupakan fitrah dan anugerah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tapi apakah kita nyadar, bahwa pacaran ini adalah salah satu propaganda busuk setan  untuk menjerumuskan manusia kepada dosa zina yang dibenci Allah.
Eh tapi postingan ini khusus buat anda yang masih ngaku beragama en takut dosa ya hehe. Oke deh, langsung aja saya bahas satu persatu efek buruk dari pacaran.
Pertama, ditinjau dari sisi agama (Islam), pacaran memang diharamkan. Karena salah satu pengantar menuju dosa besar Zina. Mau tau dalilnya? Tanya pak ustdaz aja ya hehe. Jadi kalau mau sayang-sayangan atau mesra-mesraan mending nikah aja dulu deh, tapi kalau belum mampu ya sabar aja jangan tergesa-gesa nanti malah jadi bunga yang layu sebelum berkembang deh.
Kedua, pacaran hanya buang-buang waktu. Apa sih enaknya pacaran? Mau ngapa-ngapain juga belum sah, belum halal. Jalan-jalan ke mall sampe pegel, nongkrong di café sampai malem.. tapi gak ada hasilnya. Mending waktu yang berharga ini kita pakai untuk hal yang bermanfaat. Bekerja, belajar, mengaji atau menulis. Insya allah tuh ada hasilnya. Daripada pacaran cuma ngumpulin dosa aja.
Ketiga, pacaran hanya buang-buang duit. Statement ini sudah sangat jelas sekali. Emang enak pacaran kalau cuma ngapel seminggu sekali? Pastinya perlu dong duit buat jalan-jalan, makan-makan, beliin hadiah, beliin pulsa, dll. Mending kalau udah kerja gak ngerepotin orang tua. Suka kesel deh liat bocah ingusan yang udah pacaran, ganjen banget nyari duit aja belum becus udah sayang-sayangan kaya yang udah suami istri aja :D kalau anda bisa berpikir jernih, mending tuh duit ditabung aja. Banyakin invest, kalau mau tahu setelah nikah, uang itu memegang peranan yang sangat penting. Jadi gak ada nikah itu yang modalnya cuma cinta dan rayuan gombal semata. Realita menyatakan bahwa tanpa uang, sayang akan hilang. Percaya deh, saya dah pengalaman hahaha.
Keempat, pacaran belum tentu jadian di pelaminan. Banyak contoh dalam kehidupan nyata, bahwa orang pacaran bertahun-tahun sampe putus nyambung eh malah akhirnya gak jadi nikah. Aduh kalau saya sih pegel banget ya. Udah ancur lebur tuh, rugi waktu, rugi harta, belum rugi badan (bagi yang sudah nyicipin ‘gituan’ sebelum nikah).. sayang banget deh. Mending nyari yang pasti-pasti aja. Anda cowok? Kalau udah siap nikah baru layangkan lamaran sama gadis yang juga udah siap nikah. Insya allah berkah dan saya jamin akan langgeng. Dan buat para cewek juga jangan suka ganjen ah, ada cowok ‘sok’ ganteng ngerayu-rayu gombal aja sampe klepek-klepek mau dipacarin. Kalau gentle tanya aja tuh cowok, mau gak nikahin? Kalau berani langsung menghadap orang tuaku gitu. Kalau gak berani dengan sejuta alasan, mending tinggalin tuh cowok  tanpa masa depan dan cuma modal omong doang itu hehe.
Kelima, pacaran bisa bikin bunuh diri. Banyak di Koran, berita bunuh diri akibat diputusin sang pacar. Ah Lebay hehe.
Keenam, Pacaran bikin pikiran gak fokus pada tujuan. Banyak orang yang hancur pendidikannya akibat banyak pacaran, karir lebur karena diporotin gajinya sama sang pacar, pokoknya bikin pikiran itu selalu inget sama pacar, walau gak tahu juga si pacar inget gak sama kita. Jangan-jangan lagi selingkuh hehe..
Ketujuh, waduh kalau diterusin bisa berapa halaman nih. Pointnya aja lah, bahwa pacaran itu efek negatifnya lebih banyak dari positifnya. Kita gak tahu kan jodoh kita siapa nanti? Mending jadikan masa mudamu bermanfaat, jangan jadi nyesel kaya yang punya blog ini hehe pengalaman soalnya :P
Bagaimana Hukum Memakai Cadar?” ketegori Muslim. Sebagaimana kita ketahui, banyak dari umat muslimah yang menggunakan cadar untuk menutupi wajahnya. Apakah ada hukum fikih yang mengatur hal tersebut? Kemudian bagaimana kaitannya dengan aurat muslimah berupa wajah dan telapak tangan. Wallahu’alam.
Muhamad Kasyful
Jawaban
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh,
Masalah kewajiban memakai cadar sebenarnya tidak disepakati oleh para ulama. Maka wajarlah bila kita sering mendapati adanya sebagian ulama yang mewajibkannya dengan didukung dengan sederet dalil dan hujjah. Namun kita juga tidak asing dengan pendapat yang mengatakan bahwa cadar itu bukanlah kewajiban. Pendapat yang kedua ini pun biasanya diikuti dengan sederet dalil dan hujjah juga.
Dalam kesempatan ini, marilah kita telusuri masing-masing pendapat itu dan berkenalan dengan dalil masing-masing. Sehingga kita bisa memiliki wawasan dalam memasuki wilayah ini bukan mencari titik perbedaan dan berselisih pendapat, melainkan untuk memberikan gambaran yang lengkap tentang dasar kedua pendapat ini. Agar kita bisa berbaik sangka dan tetap menjaga hubungan baik dengan kedua belah pihak.
1. Kalangan yang Mewajibkan Cadar
Mereka yang mewajibkan setiap wanita untuk menutup muka berangkat dari pendapat bahwa wajah itu bagian dari aurat wanita yang wajib ditutup dan haram dilihat oleh lain jenis non mahram.
Dalil-dalil yang mereka kemukakan antara lain:
a. Surat Al-Ahzab: 59
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu`min, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Ayat ini adalah ayat yang paling utama dan paling sering dikemukakan oleh pendukung wajibnya niqab. Mereka mengutip pendapat para mufassirin terhadap ayat ini bahwa Allah mewajibkan para wanita untuk menjulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka termasuk kepala, muka dan semuanya, kecuali satu mata untuk melihat. Riwayat ini dikutip dari pendapat Ibnu Abbas, Ibnu Mas`ud, Ubaidah As-Salmani dan lainnya, meskipun tidak ada kesepakatan di antara mereka tentang makna `jilbab` dan makna `menjulurkan`.
Namun bila diteliti lebih jauh, ada ketidak-konsistenan nukilan pendapat dari Ibnu Abbas tentang wajibnya niqab. Karena dalam tafsir di surat An-Nuur yang berbunyi , Ibnu Abbas justru berpendapat sebaliknya.
Para ulama yang tidak mewajibkan niqab mengatakan bahwa ayat ini sama sekali tidak bicara tentang wajibnya menutup muka bagi wanita, baik secara bahasa maupun secara `urf . Karena yang diperintahkan jsutru menjulurkan kain ke dadanya, bukan ke mukanya. Dan tidak ditemukan ayat lainnya yang memerintahkan untuk menutup wajah.
b. Surat An-Nuur: 31
Katakanlah kepada wanita yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya.
Menurut mereka dengan mengutip riwayat pendapat dari Ibnu Mas`ud bahwa yang dimaksud perhiasan yang tidak boleh ditampakkan adalah wajah, karena wajah adalah pusat dari kecantikan. Sedangkan yang dimaksud dengan `yang biasa nampak` bukanlah wajah, melainkan selendang dan baju.
Namun riwayat ini berbeda dengan riwayat yang shahih dari para shahabat termasuk riwayat Ibnu Mas`ud sendiri, Aisyah, Ibnu Umar, Anas dan lainnya dari kalangan tabi`in bahwa yang dimaksud dengan `yang biasa nampak darinya` bukanlah wajah, tetapi al-kuhl dan cincin. Riwayat ini menurut Ibnu Hazm adalah riwayat yang paling shahih.
c. Surat Al-Ahzab: 53
`Apabila kamu meminta sesuatu kepada mereka, maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti Rasulullah dan tidak mengawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar di sisi Allah.
Para pendukung kewajiban niqab juga menggunakan ayat ini untuk menguatkan pendapat bahwa wanita wajib menutup wajah mereka dan bahwa wajah termasuk bagian dari aurat wanita. Mereka mengatakan bahwa meski khitab ayat ini kepada istri Nabi, namun kewajibannya juga terkena kepada semua wanita mukminah, karena para istri Nabi itu adalah teladan dan contoh yang harus diikuti.
Selain itu bahwa mengenakan niqab itu alasannya adalah untuk menjaga kesucian hati, baik bagi laki-laki yang melihat ataupun buat para istri nabi. Sesuai dengan firman Allah dalam ayat ini bahwa cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka .
Namun bila disimak lebih mendalam, ayat ini tidak berbicara masalah kesucian hati yang terkait dengan zina mata antara para shahabat Rasulullah SAW dengan para istri beliau. Kesucian hati ini kaitannya dengan perasaan dan pikiran mereka yang ingin menikahi para istri nabi nanti setelah beliau wafat. Dalam ayat itu sendiri dijelaskan agar mereka jangan menyakiti hati nabi dengan mengawini para janda istri Rasulullah SAW sepeninggalnya. Ini sejalan dengan asbabun nuzul ayat ini yang menceritakan bahwa ada shahabat yang ingin menikahi Aisyah ra. bila kelak Nabi wafat. Ini tentu sangat menyakitkan perasaan nabi.
Adapun makna kesucian hati itu bila dikaitkan dengan zina mata antara shahabat nabi dengan istri beliau adalah penafsiran yang terlalu jauh dan tidak sesuai dengan konteks dan kesucian para shahabat nabi yang agung.
Sedangkan perintah untuk meminta dari balik tabir, jelas-jelas merupakan kekhusususan dalam bermuamalah dengan para istri Nabi. Tidak ada kaitannya dengan `al-Ibratu bi `umumil lafzi laa bi khushushil ayah`. Karena ayat ini memang khusus membicarakan akhlaq pergaulan dengan istri nabi. Dan mengqiyaskan antara para istri nabi dengan seluruh wanita muslimah adalah qiyas yang tidak tepat, qiyas ma`al-fariq. Karena para istri nabi memang memiliki standar akhlaq yang khusus. Ini ditegaskan dalam ayat Al-Quran.
`Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik.`
d. Hadits Larang Berniqab bagi Wanita Muhrim
Para pendukung kewajiban menutup wajah bagi muslimah menggunakan sebuah hadits yang diambil mafhum mukhalafanya, yaitu larangan Rasulullah SAW bagi muslimah untuk menutup wajah ketika ihram.
`Janganlah wanita yang sedang berihram menutup wajahnya dan memakai sarung tangan`.
Dengan adanya larangan ini, menurut mereka lazimnya para wanita itu memakai niqab dan menutup wajahnya, kecuali saat berihram. Sehingga perlu bagi Rasulullah SAW untuk secara khusus melarang mereka. Seandainya setiap harinya mereka tidak memakai niqab, maka tidak mungkin beliau melarangnya saat berihram.
Pendapat ini dijawab oleh mereka yang tidak mewajibkan niqab dengan logika sebaliknya. Yaitu bahwa saat ihram, seseorang memang dilarang untuk melakukan sesuatu yang tadinya halal. Seperti memakai pakaian yang berjahit, memakai parfum dan berburu. Lalu saat berihram, semua yang halal tadi menjadi haram. Kalau logika ini diterapkan dalam niqab, seharusnya memakai niqab itu hukumnya hanya sampai boleh dan bukan wajib. Karena semua larangan dalam ihram itu hukum asalnya pun boleh dan bukan wajib. Bagaimana bisa sampai pada kesimpulan bahwa sebelumnya hukumnya wajib?
Bahwa ada sebagian wanita yang di masa itu menggunakan penutup wajah, memang diakui. Tapi masalahnya menutup wajah itu bukanlah kewajiban. Dan ini adalah logika yang lebih tepat.
e. Hadits bahwa Wanita itu Aurat
Diriwayatkan oleh At-Tirmizy marfu`an bahwa,
Wanita itu adalah aurat, bila dia keluar rumah, maka syetan menaikinya`.
Menurut At-turmuzikedudukan hadits ini hasan shahih. Oleh para pendukung pendapat ini maka seluruh tubuh wanita itu adalah aurat, termasuk wajah, tangan, kaki dan semua bagian tubuhnya. Pendapat ini juga dikemukakan oleh sebagian pengikut Asy-Syafi`iyyah dan Al-Hanabilah.
f. Mendhaifkan Hadits Asma`
Mereka juga mengkritik hadits Asma` binti Abu Bakar yang berisi bahwa, Seorang wanita yang sudah hadih itu tidak boleh nampak bagian tubuhnya kecuali ini dan ini Sambil beliau memegang wajar dan tapak tangannya.
* * *
2. Kalangan yang Tidak Mewajibkan Cadar
Sedangkan mereka yang tidak mewajibkan cadar berpendapat bahwa wajah bukan termasuk aurat wanita. Mereka juga menggunakan banyak dalil serta mengutip pendapat dari para imam mazhab yang empat dan juga pendapat salaf dari para shahabat Rasulullah SAW.
a. Ijma` Shahabat
Para shahabat Rasulullah SAW sepakat mengatakan bahwa wajah dan tapak tangan wanita bukan termasuk aurat. Ini adalah riwayat yang paling kuat tentang masalah batas aurat wanita.
b. Pendapat Para Fuqoha bahwa Wajah Bukan termasuk Aurat Wanita.
Al-Hanafiyah mengatakan tidak dibenarkan melihat wanita ajnabi yang merdeka kecuali wajah dan tapak tangan. . Bahkan Imam Abu Hanifah ra. sendiri mengatakan yang termasuk bukan aurat adalah wajah, tapak tangan dan kaki, karena kami adalah sebuah kedaruratan yang tidak bisa dihindarkan.
Al-Malikiyah dalam kitab `Asy-Syarhu As-Shaghir` atau sering disebut kitab Aqrabul Masalik ilaa Mazhabi Maalik, susunan Ad-Dardiri dituliskan bahwa batas aurat waita merdeka dengan laki-laki ajnabi adalah seluruh badan kecuali muka dan tapak tangan. Keduanya itu bukan termasuk aurat.
Asy-Syafi`iyyah dalam pendapat As-Syairazi dalam kitabnya `al-Muhazzab`, kitab di kalangan mazhab ini mengatakan bahwa wanita merdeka itu seluruh badannya adalah aurat kecuali wajah dan tapak tangan.
Dalam mazhab Al-Hanabilah kita dapati Ibnu Qudamah berkata kitab Al-Mughni 1: 1-6,`Mazhab tidak berbeda pendapat bahwa seorang wanita boleh membuka wajah dan tapak tangannya di dalam shalat
Daud yang mewakili kalangan zahiri pun sepakat bahwa batas aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuai muka dan tapak tangan. Sebagaimana yang disebutkan dalam Nailur Authar. Begitu juga dengan Ibnu Hazm mengecualikan wajah dan tapak tangan sebagaiman tertulis dalam kitab Al-Muhalla.
c. Pendapat Para Mufassirin
Para mufassirin yang terkenal pun banyak yang mengatakan bahwa batas aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali muka dan tapak tangan. Mereka antara lain At-Thabari, Al-Qurthubi, Ar-Razy, Al-Baidhawi dan lainnya. Pendapat ini sekaligus juga mewakili pendapat jumhur ulama.
d. Dhai`ifnya Hadits Asma Dikuatkan oleh Hadits Lainnya
Adapun hadits Asma` binti Abu Bakar yang dianggap dhaif, ternyata tidak berdiri sendiri, karena ada qarinah yang menguatkan melalui riwayat Asma` binti Umais yang menguatkan hadits tersebut. Sehingga ulama modern sekelas Nasiruddin Al-Bani sekalipun meng-hasankan hadits tersebut sebagaimana tulisan beliau `hijab wanita muslimah`, `Al-Irwa`, shahih Jamius Shaghir dan `Takhrij Halal dan Haram`.
e. Perintah Kepada Laki-laki untuk Menundukkan Pandangan.
Allah SWt telah memerintahkan kepada laki-laki untuk menundukkan pandangan . Hal itu karena para wanita muslimah memang tidak diwajibkan untuk menutup wajah mereka.
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: `Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.
Dalam hadits Rasulullah SAW kepada Ali ra. disebutkan bahwa,
Janganlah kamu mengikuti pandangan pertama dengan pandangan berikutnya. Karena yang pertama itu untukmu dan yang kedua adalah ancaman/dosa.
.
Bila para wanita sudah menutup wajah, buat apalagi perintah menundukkan pandangan kepada laki-laki. Perintah itu menjadi tidak relevan lagi.
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Cara Cepat Mencari Pendamping Hidup

1. Hindari percakapan yang menginterogasi

Perbincangan adalah suatu hal dasar yang sangat natural. Jika lawan bicara anda tertarik untuk membuka diri, maka ia akan menceritakannya dengan natural pula, tanpa perlu interogasi dari anda. Tipe perbincangan interogasi juga bisa membuat lawan bicara anda takut dan tertutup.

2. Jangan takut memimpin pembicaraan

Peraturan ini hanya berlaku jika perbincangan anda berdua menjadi sangat membosankan dari waktu ke waktu. Contohnya jika anda membicarakan tentang pekerjaan anda yang sangat monoton. Anda bisa langsung mengajak lawan bicara anda mengubah topik (asal jangan memotong pembicaraan!).

3. Buatlah kontak mata

Pastikan anda menatap lawan bicara anda dengan sopan ketika sedang berbicara. Selain menunjukkan rasa percaya diri, ini menunjukkan ketertarikan anda terhadap percakapannya dan tentu saja ketertarikan anda pada si pemilik mata.

4. Terhadap orang lain

Walaupun ketika sedang berdua orang lain serasa tidak ada, tapi anda akan melakukan kesalahan besar jika anda terhanyut didalamnya. Justru inilah saat anda menunjukkan ke lawan bicara anda tentang kepribadian anda. Contohnya jika anda di restoran, bicaralah dengan ramah dengan pelayannya. Jika anda naik taksi, bicaralah juga dengan ramah pada supirnya. Jika anda memperlakukan siapapun dengan baik dan rasa hormat, "target" anda pasti akan memperhatikannya diam-diam dan memberi nilai plus.

5. Percakapan santai

Dalam percakapan santai, anda bisa melakukan dua hal. Satu, benar-benar menikmati percakapan dengan nya dan yang kedua, anda bisa menilai responnya terhadap perbincangan santai anda. Kadang dari perbincangan yang santai, kepribadian seseorang justru bisa dinilai. Contohnya, bicarakan tentang makanan kesukaan atau hobi.

6. Jangan kuatir dengan diam

Kata orang, salah satu tanda anda bisa merasakan nyaman dengan seseorang,yaitu jika anda bisa berbagi diam dengannya dan tidak merasa bahwa anda sudah kebanyakan bicara. Jadi jika pembicaraan anda berakhir dengan waktu diam sesaat, jangan panik. Nikmati saja. Untuk memulainya kembali, biarkan lawan bicara anda yang memulainya.

7. Jangan coba untuk mengesankan

Jangan bicara tentang hal-hal yang membuat anda terkesan sombong dan berusaha untuk mengesankan lawan bicara anda. Jika anda pria, perbincangan seperti ini akan makin mengganggu dimata lawan bicara anda. Karena itu, jadilah rendah hati. Jika lawan bicara anda harus tau bahwa anda pintar, biarkan ia yang menilai dan mengetahui dengan sendirinya, bukan dari promosi mulut anda. Kerendahan hati yang terpancar lewat kalimat-kalimat anda nilainya sangat tinggi.

8. Hindari pertanyaan fatal

Dalam percakapan dengan target, hindari pertanyaan fatal seperti "Apakah saya tipemu?" atau "Apakah kamu suka sama dengan sifat saya?". Pertanyaan seperti itu menjurus ke terburu-buru dan sedikit memaksa. Lebih baik alon-alon asal kelakon.



Pengertian Manajemen Pendidikan menurut ahli

Pada waktu ini istilah-istilah yang digunakan dalam menunjuk pekerjaan pelayanan kegiatan adalah manajemen, pengelolaan, pengaturan dan sebagainya, yang didefinisikan oleh berbagai ahli secara bermacam-macam. Beberapa pengertian Manajemen Pendidikan yang kiranya ada manfaatnya disadur maknanya atau hanya dikutip dari sumbernya sebagai berikut.
  1. Menurut Leonard D. White, manajemen adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua kelompok baik usaha negara, pemerintah atau swasta, sipil atau militer secara besar-besaran atau secara kecil-kecilan.
  2. Menurut The Liang Gie, manajemen adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Selanjutnya untuk memperoleh wawasan yang lebih luas, di sini dikutipkan lagi beberapa pendapat mengenai pengertian manajemen dari sumber-sumber lain sebagai berikut :
  1. Menurut Sondang Palan Siagian, manajemen adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.
  2. Menurut Pariata Westra, manajemen adalah segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
  3. Dalam kurikulum 1975 yang disebutkan dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum IIID, baik untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas, manajemen ialah segala usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber-sumber (personil maupun materiil) secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan.
Dari pengertian Manajemen Pendidikan yang terakhir tersebut maka secara eksplisit disebutkan bahwa manajemen sebagaimana yang digunakan secara resmi oleh Departemen Pendidikan Nasional seperti dimuat dalam kurikulum 1975 dan kurikulum kelanjutannya, diarahkan kepada tujuan pendidikan. Lebih luas lagi, apabila ditinjau dari definisi-definisi yang lain, pengertian manajemen tersebut masih dapat diartikan untuk semua jenis kegiatan, yang dapat diambil suatu kesimpulan definisi yaitu :
Manajemen adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Definisi lain dari manajemen yang lebih lengkap sebagaimana dikemukakan oleh Mulyani A. Nurhadi adalah sebagai berikut :
Manajemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.
Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa di dalam pengertian manajemen selalu menyangkut adanya tiga hal yang merupakan unsur penting, yaitu: (a). usaha kerjasama, (b). oleh dua orang atau lebih, dan (c) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pengertian tersebut sudah menunjukkan adanya gerak, yaitu usaha kerjasama, personil yang melakukan, yaitu dua orang atau lebih, dan untuk apa kegiatan dilakukan, yaitu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tiga unsur tersebut, yaitu gerak, orang, dan arah dari kegiatan, menunjukkan bahwa manajemen terjadi dalam sebuah organisasi, bukan pada kerja tunggal yang dilakukan oleh seorang individu.
Jika pengertian Manajemen Pendidikan ini diterapkan pada usaha pendidikan maka sudah termuat hal-hal yang menjadi objek pengelolaan atau pengaturan. Lebih tepatnya, definisi Manajemen Pendidikan adalah sebagai berikut :
Manajemen Pendidikan adalah rangkaian segala kegiatan yang menunjuk kepada usaha kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Dengan menerapkan definisi tersebut pada usaha pendidikan yang terjadi dalam sebuah organisasi, maka definisi Manajemen Pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut :
Manajemen Pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabug dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien.
Lebih lanjut Mulyani A. Nurhadi menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian Manajemen Pendidikan yang terkandung dalam definisi tersebut sebagai berikut : (Mulyani A. Nurhadi, 1983, pp. 2-5)
  1. Manajemen merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan bagi manusia.
  2. Rangkaian kegiatan itu merupakan suatu proses pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya kompleks dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya ; tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu bangsa.
  3. Proses pengelolaan itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang harmonis tanpa mengorbankan unsur-unsur manusia yang terlibat dalam kegiatan pendidikan itu.
  4. Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum (skala tujuan umum) dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan (skala tujuan khusus).
  5. Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Apa yang dikemukakan oleh Mulyani A. Nurhadi ini cukup lengkap. Tetapi apabila akan dihubungkan dan diintegrasikan dengan definisi manajemen pendidikan yang tertera di dalam Pedoman Kurikulum tahun 1975 Buku IIID perlu ditambahkan adanya usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber-sumber (personil dan materiil). Jika unsur tersebut dimasukkan ke dalam pengertian manajemen pendidikan, bagaimanakah rumusan atau definisinya?
TAKUT MATI
Tak ada yang abadi didunia ini.  Semua yang ada, apapun itu, suatu saat akan musnah. Termasuk bumi yang kita tempati. Bumi sakarang ini sudah semakin tua.  Indikasi tuanya bumi bukan diukur secara fisik sebagai sebuah planet dalam gugusan Bima Sakti yang sudah ada sejak sekian juta tahun lalu, tapi tua dalam arti terkait dengan berbagai kondisi munusia yang menempatinya, yang sudah sedemikian  rapuh dimakan kemajuan zaman. Mengapa manusia meramalkan terjadinya kiamat ?
Kegiatan meramal adalah upaya manusia untuk menentukan sesuatu akan terjadi pada satu masa tertentu. Sedangkan ketepatan ramalan manusia, sesungguhnya hanyalah suatu kebetulan saja. Artinya tak ada satupun didunia ini yang bisa menjamin bahwa sesuatu itu pasti terjadi pada sebuah waktu tertentu. Semua orang memang yakin suatu akan akan terjadi kiamat, tetapi pertanyaannya, mengapa kiamat harus diramalkan ? Kalaupun memang ramalan manusia bisa tepat menentukan kapan waktu kiamat itu tiba, lalu untuk apa ramalan itu ?
Kira kira apa yang akan dilakukan manusia bila kiamat tiba ?
Manusia memang makhluk yang sombong. Dia pikir dengan membangun benteng atau bunker dibawah tanah dengan dilapisi tembok beton berlapis baja, bisa melindunginya dari kehancuran saat kiamat ? Kalaupun dia bisa selamat dari kehancuran karena bersembunyi didalam bunker tersebut,  seberapa lama dia akan bisa bertahan hidup didalamnya. Taruhlah didalam bunker itu telah disediakan cedangan persediaan makan dan minum, tapi untuk seberapa lama ? Dan apakah selama itu manusia hanya sekedar makan dan minum saja ? Lalu bila persediaan makan dan minumnya sudah habis, tentulah butuh ketersediaan bahan pangan untuk melanjutkan kehidupannya, kemana dia akan mencari, sedangkan seluruh alam semesta ini sudah hancur berantakan dan tak menyisakan sama sekali bahan bahan kehidupan untuknya ? Bukankah itu hanya sekedar menunda kematiannya saja ?
Disini nampak sekali bahwa manusia adalah makhluk yang teramat bodoh. Sudah jelas jelas ditentukan bahwa tak ada satupun yang bakal selamat dari kiamat, masih saja mereka-reka mencari cara sendiri.  Sesungguhnya yang ditakuti manusia bukanlah kiamat, tapi kematian !
Mengapa manusia takut mati ?
Apa yang ditakutkan dari kematian manusia? Manusia takut mati karena meninggalkan dunia atau takut mati karena akan hidup lagi di akherat ? Ini pertanyaan yang paling mendasar. Bila manusia berpikir bahwa suatu saat akan mati meninggalkan dunia, pantaslah dia akan merasa ketakutan. Takut kehilangan kekayaan, pangkat, jabatan , istri atau pacarnya yang cantik lagi seksi, anak-anaknya yang manis dan lucu atau teman temannya yang baik hati dan segala kesenangannya didunia ini.
Bagi sebagian orang, yang telah mengerti dan memahami  makna kehidupan ini, kematian  bukanlah hal yang menakutkan.  Sebab mereka sadar bahwa apa yang ada didunia ini sekedar titipan, termasuk nyawa yang dikandung raganya. Manusia tak pernah memiliki, mereka hanya sekedar menerima pinjaman. Bila manusia merasa bahwa dirinya hanyalah sebagai peminjam, maka seharusnya dengan ikhlas suatu saat menyerahkan semuanya kembali kepada Sang Pemilik Kehidupan. Tak perlu berlari, tak perlu menghindar dan tak usah lagi bersembunyi, bila kematian itu tiba. Serahkan saja semuanya yang telah kita pinjam selama ini, bagaimanapun juga, bila sudah habis masa kontrak pinjaman, tak akan ada lagi yang sanggup memperpanjangnya.
Apakah mati itu sakit sehingga membuat manusia ketakutan ?
Sakit itu hanya dirasakan bila manusia masih hidup.  Jadi bila kita merasa sakit, berarti masih beruntung karena kita masih hidup. Apakah berarti bahwa  setelah manusia mati tak ada lagi rasa sakit ? Tidak juga Justru rasa sakit yang dirasakan manusia setelah mati, tingkatannya jauh diatas rasa sakit yang pernah dirasakan didunia. Bahkan bisa dirasakan dalam jangka waktu yang sangat sangat  lama, secara terus menerus  dan berulang ulang.
Sayangnya manusia yang ada sekarang ini, satupun  belum  ada yang pernah mati kecuali mati suri. Jadi tak ada yang bisa membuktikannya. Tapi apakah untuk merasakan sakit yang sesakit sakitnya itu, harus perlu pembuktian ? Bila ada yang ingin pembuktian, silakan membuktikannya sendiri !.
Bila manusia sedang hidup  dan  takut akan rasa sakit itu wajar wajar saja, karena tak ada satupun manusia normal yang mencari rasa sakit atau menyakiti diri sendiri. Yang ada justru sebaliknya, sebisa mungkin menghindari rasa sakit.
Tapi jangan salah,  ada pula  sebagian manusia yang sama sekali tidak takut akan rasa sakit didunia ini, dan justru sangat ketakutan dengan rasa sakit di akhirat. Mereka sangat yakin  bahwa rasa sakit didunia ini, justru akan mengurangi rasa sakit diakhirat nanti. Golongan orang orang ini, semasa hidup didunia, selalu teringat akan rasa sakit di akhirat, dan salalu menghindari perbuatan perbuatan yang bisa menyebabkan mereka tersakiti di akhirat nanti.
Dan ketika kematian tiba, mereka nampak  tersenyum, melihat sekelompok malaikat yang rupawan menjemputnya, menuju  gerbang kehidupan lain yang penuh dengan keindahan, kesenangan dan kebahagiaan yang didambakannya selama ini.
Salam
MENJALIN PERSAHABATAN

Nabi saw bersabda : Maukah kalian aku tunjukkan akhlak yang paling mulia di dunia dan diakhirat? Memberi maaf orang yang menzhalimimu, memberi orang yang menghalangimu dan menyambung silaturrahim orang yang memutuskanmu (HR. Baihaqi)

” Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain .” (HR. Bukhari no. 5991)

"Seseorang dari kalian tidak dianggap beriman hingga ia mencintai bagi saudaranya apa yg ia cintai bagi dirinya."(HR. Bukhari)

Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan” (H.R. Bukhari-Muslim).

"Perumpamaan seorang muslim adalah seperti Lebah atau pohon kurma,jika engkau ajak musyawarah dia memberi manfaat,jika engkau ajak jalan dia memberi manfaat dan jika diajak kerjasama maka dia memberikan manfaat juga."(HR. Bukhari)

Jangan kita lepas silaturahmi itu hanya ego mu..
 INDAHNYA SILATURAHMI.....


Silaturahmi adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT. Dengan terhubungnya silaturahmi, maka ukhuwah Islamiyah akan terjalin dengan baik. Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? "Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan adalah pahala orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah siksaan bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan" (HR. Ibnu Majah).

Silaturahmi tidak sekedar bersentuhan tangan atau memohon maaf belaka. Ada sesuatu yang lebih hakiki dari itu semua, yaitu aspek mental dan keluasan hati. Hal ini sesuai dengan asal kata dari silaturahmi itu sendiri, yaitu shilat atau washl, yang berarti menyambungkan atau menghimpun, dan ar-rahiim yang berarti kasih sayang. Makna menyambungkan menunjukkan sebuah proses aktif dari sesuatu yang asalnya tidak tersambung. 

Menghimpun biasanya mengandung makna sesuatu yang tercerai-berai dan berantakan, menjadi sesuatu yang bersatu dan utuh kembali. Tentang hal ini Rasulullah SAW bersabda, "Yang disebut bersilaturahmi itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahmi itu ialah menyambungkan apa yang telah putus" (HR. Bukhari).

Kalau orang lain mengunjungi kita dan kita balas mengunjunginya, ini tidak memerlukan kekuatan mental yang tinggi. Boleh jadi kita melakukannya karena merasa malu atau berhutang budi kepada orang tersebut. Namun, bila ada orang yang tidak pernah bersilaturahmi kepada kita, lalu dengan sengaja kita mengunjunginya walau harus menempuh jarak yang jauh dan melelahkan, maka inilah yang disebut silaturahmi. 

Apalagi kalau kita bersilaturahmi kepada orang yang membenci kita, seseorang yang sangat menghindari pertemuan dengan kita, lalu kita mengupayakan diri untuk bertemu dengannya. Inilah silaturahmi yang sebenarnya.

Rasulullah SAW pernah memberikan nasihat kepada para sahabat, "Hendaklah kalian mengharapkan kemuliaan dari Allah". Para sahabat pun bertanya, "Apakah yang dimaksud itu, ya Rasulullah?" Beliau kemudian bersabda lagi, "Hendaklah kalian suka menghubungkan tali silaturahmi kepada orang yang telah memutuskannya, memberi sesuatu (hadiah) kepada orang yang tidak pernah memberi sesuatu kepada kalian, dan hendaklah kalian bersabar (jangan lekas marah) kepada orang yang menganggap kalian bodoh" (HR. Hakim).

Dalam hadis lain dikisahkan pula, "Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan shaum?" tanya Rasulullah SAW kepada para sahabat. "Tentu saja," jawab mereka. Beliau kemudian menjelaskan, "Engkau damaikan yang bertengkar, menyembungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan tali persaudaraan di antara mereka adalah amal shalih yang besar pahalanya.
Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturahmi" (HR. Bukhari Muslim). 

Sahabat, bagaimana mungkin hidup kita akan tenang kalau di dalam hati masih tersimpan kebenciaan dan rasa permusuhan kepada sesama muslim. Perhatikan keluarga kita, kaum yang paling kecil di masyarakat. Bila di dalamnya ada beberapa orang saja yang sudah tidak saling tegur sapa, saling menjauhi, apalagi kalau di belakang sudah saling menohok, menggunjing, dan memfitnah, maka rahmat Allah akan dijauhkan dari rumah tersebut. 

Dalam skala yang lebih luas, dalam lingkup sebuah negara, bila di dalamnya sudah ada kelompok yang saling jegal, saling fitnah, atau saling menjatuhkan, maka dikhawatirkan bahwa bangsa dan negara tersebut akan terputus dari rahmat dan pertolongan Allah SWT.
MANFAAT TIDUR MIRING KE SEBELAH KANAN

1. Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri
Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi 2 bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak
yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya ummat muslim menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, memegang dan lainnya. Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktiftas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang beresiko adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).

2. Mengurangi Beban Jantung
Posisi tidur kesebelah kanan yang rata memungkinkan cairan tubuh ( darah ) terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan ( bawah ). Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur.
 

3. Mengistirahatkan Lambung
Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap kearah kanan bawah. Jika seorang tidur kesebelah kiri maka proses pengeluaran chime ( makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung ) akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung. Hambatan ini pada akhirnya akan meningkatkan akumulasi asam yang akan menyebabkan erosi dinding lambung. Posisi ini juga akan menyebabkan cairan usus yang bersifat basa bias masuk balik menuju lambung dengan akibat erosi dinding lambung dekat pylorus.

4. Meningkatkan Pengosongan Kandung Empedu, Pankreas
Adanya aliran chime yang lancar akan menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, hal ini akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas juga akan meningkat dengan posisi mirin ke kanan.
 

5. Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi.
Saat tidur pergerakan usus menigkat. Dengan posisi sebelah kanan, maka perjalanan makann yang telah tercerna dan siap di serap akan menjadi lebih lama, hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah. Waktu yang lamam selamat tidur memungkinkan penyerapan bias optimal.

6. Merangsang Buang air Besar (BAB)
Dengan mtidur miring ke sebelah kanan , proses pengisian usus besar sigmoid ( sebelum anus ) akan lebih cepat penuh, jika sudah penuh akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air Besar.
 

7. Mengisitirahatkan Kaki Kiri
Pada orang dengan pergerakan kanan, secara ergonomis guna menyeimbangkan posisi saat beraktifitas cenderung menggunakan kaki kiri sebagai pusat pembebanan. Sehingga kaki kiri biasanya cenderung lebih merasa pegal dari kanan, apalgi kaki posisi paling bawah dimana aliran darah balik cenderung lebih lambat. Jika tidur miring kanan , maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang. Dari uraian diatras tampak banyak manfaat tidur dengan posisi miring. Mudah-mudahan uraian tersebut dapat membawa manfaat bagi umat dalam mengamalkan salah satu sunnah nabi.

CARA TIDUR RASULULLAH
Tidur adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi tubuh dan jiwa kita, sekaligus merupakan nikmat dari Allah SWT yang tidak ternilai. Sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana cara tidur yang berkualitas tinggi seperti halnya Rasulullah Muhammad SAW. Berikut ini adalah tips singkat mengenai bagaimana cara beliau ketika akan tidur dan ketika bangun tidur, semoga bisa kita ikuti :)
Ketika akan tidur:
  1. Berwudhu-lah seperti wudhu ketika akan sholat;
  2. Bacalah do’a sebelum tidur. Pilihlah salah satu dari contoh doa Rasulullah SAW di bawah ini:
    1. Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa“, yang artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup”;
    2. Robbi qinii ‘adzaabaka yawma tab’atsu ‘ibaadaka“, yang artinya: “Ya Robbi, peliharalah aku dari azab-Mu pada hari Kau bangkitkan seluruh hamba-Mu”;
    3. Alloohumma bismika amuutu wa ahyaa“, yang artinya: “Ya Allah, dengan Asma-Mu aku mati dan aku hidup”;
    4. Allahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amrii ilaika wa alja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika laa malja-a walaa manja-a minka illaa ilaika. Aamantu bikitaabikalladzii anzalta wanabiyyikal ladzii arsalta“, yang artinya: “Wahai Allah, saya menyerahkan diriku kepada-Mu, menghadapkan mukaku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harapan dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksaan-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Saya beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dari nabi yang Engkau utus”.
  3. Bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas dalam posisi berbaring. Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah membaca ketiga surat tersebut setelah mengumpulkan kedua telapak tangannya dan meniupnya. Kemudian setelah selesai membaca, beliau mengusapkan kedua tangannya 3x ke seluruh badan yang mampu diusap, dengan dimulai dari kepala, muka, dan bagian depan badannya;
  4. Berbaringlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan;
  5. Letakkan tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan;
  6. Dan tidurlah dengan tenang dan damai :)
Ketika bangun tidur:
  1. Berdoalah dengan doa yang beliau ajarkan ini: “Alhamdu lillaahil-lladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin-nusyuur“, yang artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali”;
  2. Usaplah bekas tidur dari wajah dengan tangan;
  3. Hiruplah air ke dalam hidung lalu keluarkan (semburkan) kembali. Ini disebut beristinsyaq dan beristintsaar;
  4. Sikat gigi (bersiwak);
Hal lain yang penting tentang cara tidur beliau:
  1. Tidurlah di awal malam setelah sholat Isya
  2. Jangan pernah tidur dalam posisi tengkurap (perut ada di bawah)
Nah, mudah kan? Silahkan dipraktekkan :)
alhamdulillahirabbilalamin
Referensi:
  1. “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)
  2. Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, “Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan”.
  3. Al-Bara’ bin ‘Azib ra. berkata: “Sesungguhnya Rasulullah Muhammad saw bila berbaring di tempat tidurnya, beliau letakkan telapak tangannya yang kanan di bawah pipinya yang kanan, seraya berdoa: Robbi qinii ‘adzaabaka yawma tab’atsu ‘ibaadaka (Ya Robbi, peliharalah aku dari azab-Mu pada hari Kau bangkitkan seluruh hamba-Mu).” (HR. At Tarmidzi)
  4. Hudzaifah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw berbaring di tempat tidurnya, maka beliau berdoa: Alloohumma bismika amuutu wa ahyaa (Ya Allah, dengan Asma-Mu aku mat dan aku hidup). Dan jika bangun dari tidurnya beliau berdoa: Alhamdu lillaahil-lladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin-nusyuur (Segala puji bagi Allah, yang telah menghidupkan daku kembali setelah mematikan daku, dan kepada-Nya tempat kembali).” (HR. At Tarmidzi)
  5. Dari Al Barra’ bin Azib ra berkata, “Apabila Rasulullah saw berada pada tempat tidurnya dan akan tidur maka beliau miring ke sebelah kanan, kemudian membaca: “Allahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amrii ilaika wa alja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika laa malja-a walaa manja-a minka illaa ilaika. Aamantu bikitaabikalladzii anzalta wanabiyyikal ladzii arsalta (Wahai Allah, saya menyerahkan diriku kepada-Mu, menghadapkan mukaku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harapan dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksaan-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Saya beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dari nabi yang Engkau utus.” (HR. Bukhari)
  6. “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)
  7. Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, “Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan”.
  8. “Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)
  9. Aisyah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw berbaring di tempat tidurnya, beliau kumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya dan dibaca pada keduanya surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudian disapunya seluruh badan yang dapat disapunya dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepalanya, mukanya dan bagian depan dari badannya. Beliau lakukan hal ini sebanyak tiga kali.” (HR. At Tarmidzi)
  10. “Beliau saw tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam.” (Mutafaq ‘Alaih)
  11. “Bahwasanya Rasulullah Muhammad saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235))
  12. “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)
  13. “Maka bangunlah Rasulullah Muhammad saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya.” (HR. Muslim No. 763 (182)
  14. “Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka beristintsaarlah tiga kali karena sesunggguhnya syaitan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari No. 3295 dan Muslim No. 238)
  15. “Apabila Rasulullah Muhammad saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Al Bukhari No. 245 dan Muslim No. 255)
Cara Melakukan Perawatan Wajah Secara Alami
Wajah merupakan bagian kulit paling sensitif dari tubuh. Bagian ini pula yang pertama dilihat orang ketika bertemu. . Wajah yang sehat, cantik dan terawat akan memberikan kesan yang baik pada first impression. Banyak wanita yang sebenarnya cantik, namun karena kurang memahami cara merawat kuulit wajah membuat mereka kurang menarik. Karena biasanya wajah yang bersih akan menimbulkan rasa percaya diri. Banyak cara dilakukan wanita sekarang untuk merawat wajah, namun mereka biasanya melakukan secara instan, mulai dari yang sederhana seperti menggunakan produk kecantikan cream wajah hingga yang paling ekstrim seperti operasi, itu semua dilakukan hanya untuk dapat terlihat cantik tanpa memperdulikan efek samping yang akan dialami. Tak jarang efek yang timbul sangat parah, seperti alergi hingga kanker kulit pada wajah. Namun ada cara alami yang dapat kita lakukan untuk merwat wajah seperti yang dilakukan nenek nenek kita jaman dulu.  

Perawatan Wajah Pertama
sebelum tidur setidaknya wajah kita di gosok-gosok dengan menggunakan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampuri dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Atau anda bisa memblendernya lalu hasil blender tadi diperas menggunakan kain tipis untuk mengambil air perasannya. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapas sampai merata. Atau anda bisa menambahkan madu sedikit dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih baik lagi.
Paginya saat sudah bangun tidur kita mencari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah digosok dengan airketimun tadi. Air hangat gunanya untuk menghilangkan dan meluluhkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan ke dalam air es. Caranya juga sama handuk tersebut diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah di sapu dengan air hangat tersebut.  air es atau air dingin berguna untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat.

Perawatan Wajah Kedua
Cara perawatan kedua adalah dengan memakai bedak dingin. Bedak dingin sudah terkenal jaman dahulu, terutama oleh gadis-gadis Melayu. Di Kalimantan, khususnya suku Dayak dan Banjar, kebiasaan memakai bedak atau pupur dingin sudah menjadi tradisi.

Bahan untuk membuat pupur dingin :
 

  • Tepung beras 1/4 liter
  • Tepung bengkuang/tepung besusu 1/4 liter
  • Temu giring 1 ons
  • Kancur 1 ons
  • Lempuyang 1 ons
  • Buah pinang 10 buah
  • Adas pala waras 1 sendok makan
  • Akar lara setu 1 ikat kecil
  • Air dingin secukupnya
  • Bibit minyak wangi 10 cc


Cara membuat :

  • Cara mengerjakannya hampir sama dengan cara membuat param yaitu beras dicuci uang bersih terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Kalau sudak kurang lebih satu jam beras tersebut disaring kemudian ditumbuk yang halus dibuat tepung diayak di tambah dengan tepung bengkuang.
  • Bahan temu giring, kencur, lempuyang, dan buah pinang dikupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering.
  • Bahan adas pula waras dan akar lara setu dicuci lalu dijemur.
  • Ramuan pertama dan kedua tadi dicampur jadi satu ditumbuk kemudian diayak.
  • Selanjutnya dicampur dengan air secukupnya dan diremas-remas hingga menjadi adonan yang pekat seperti adonan dalam membuat roti.

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, hanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya. Dan bahan bahannya pun tidak perlu mahal karena banyak terdapat disekitar kita.

10 Cara Mudah Merawat Bayi

10 Cara Mudah Merawat Bayi Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Merawat bayi mungil menjadi menyenangkan jika Anda tahu trik praktisnya. Ayahbunda punya trik praktis untuk merawat bayi Anda.

1. Ada cairan putih di tali pusat yang masih basah. Tak membutuhkan penanganan khusus, pastikan saja tali pusat tidak berbau.
Cara: Setelah bayi dimandikan, bungkus tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi alkohol 70%. Jangan taburi apapun, baik antibiotika atau bedak.
Ke dokter bila: kulit sekitar tali pusat menjadi merah, bengkak atau tampak berdarah.

2. Matanya lengket.
Cara: bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan.
Ke dokter bila: terlihat ad acairan kuning dan sangat lengket.

3. Mulutnya berbau kurang sedap. Bisa jadi karena ia mulai sering ngiler akibat giginya yang tumbuh. Agar kesehatan gigi dan mulutnya terjaga, setiap kali habis makan atau minum susu, bersihkan mulutnya dengan sikat khusus. Atau dengan kain kassa basah yang dicelupkan ke air matang kemudian dibungkuskan ke jari lalu sosokkan ke geliginya.

4. Giginya mulai tumbuh. Bayi menjadi malas makan, lebih rewel di malam hari karena gusinya sakit dan amengeluarkan banyak air liur.
•  Jika demam, beri obat penurun panas.
•  Beri mainan yang dapat digigit-gigit.
•  Lakukan sentuhan (pijatan ringan) di daerah raham mulut agar bayi lebih nyaman.

5. Ada bekas ‘merah-merah’ di seputar mulut dan pipi. Kemungkinana karena bekas tetesan air susu. Segera setelah menyusui, bersihkan seputar mulut dan pipi bayi dari bekas-bekas susu dengan air bersih dan lap agar kering.
Jangan menaburkan bedak di atas kulit yang kemerahan, karena membuat kulit kering, bahkan bisa menyebabkan kulit tersebut jadi gatal.

6. Hidung tersumbat. Gunakan krim penghangat khusus untuk bayi.oleskan ke dadanya namun bila kulit bayi sensitive, oelskan di bagian luar kaus dalamnya sehingga tidak langsung ke kulit.

7. Pilek. Agar tidak mengalami dehidarasi atau kekurangan cairan, berikan minum yang cukup. Jika masih minum ASI, sering-sering susui. Jemur bayi pad apagi hari, karena kegiatan ini akan membantu mengeluarkan lender di hidung.
Lakukan: bersihkan lendirnya dengan saputangan kain yang lembut dan menyerap air atau dengan tisu super lembut.

8. Panas tidak turun sampai lebih dari 2 hari. Segera bawa ke dokter karena demam yang tidak turun dari dua hari bisa merupakan tanda infeksi sekunder, yaitu infeksi yang diakibatkan penyakit terdahulu.
Jangan memberikan obat penurun demam tanpa konsultasi dengan dokter anak Anda.

9. Sembelit. Pijat perut bayi secara perlahan dari arah kanan bawah perut ayi, membentuk “hati” dengan gerakan searah jarum jam. Pijatan ini mmebantu kerja organ pencernaan dan mencegah timbulnya sembelit.
  • Jika bayi masih minum ASI eksklusif, usahakan Anda konsumsi banyak serat (baik dari sayur maupun buah-buahan) dan banyak minum air putih.
  • Bila bayi sudah makan makanan pendamping ASI, beri cairan yangbanyak termasuk jus buah atau kuah sayur dan buah.
10. Bayi diare karena alergi susu sapi.
  • Bila ia masih mendapat ASI eksklusif, jaga makanan Anda dengan menghindari makanan yang mengnadung susu sapi, seperti keju atau es krim.
  • Bila ia sudah mendapat makanan pendamping ASI, berikan makanan yang mengnadung susu kedelai.
  • Periksa label makanan padat yang akan diberikan untuk bayi. Banyak biscuit bayi yang mengandung susu sapi, sehingga memicu alerginya.
  • Ke dokter bila reaksi alergi masih muncul walapun telah diberikan makanan yang mengandung susu kedelai.


Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Tahukah Anda bahwa kehamilan pada minggu-minggu awal sangat rawan? Jika tidak hati-hati, akibat paling parah yang bisa muncul adalah gugurnya janin.Sebagai seorang ibu, tentu Anda tak menginginkan hal tersebut. Karenanya penting untuk menjaga kehamilan extra hati-hati. Ada beberapa tips menjaga kehamilan usia muda yang wajib Anda ketahui. Berikut rangkumannya yang kami ambil dari beberapa sumber terpercaya:
  1. Tips pertama adalah menghindari aktifitas yang berat. Pada awal kehamilan, secara umum wanita sangat mudah lelah bahkan ada sebagian yang sampai pingsan oleh karena tekana darah yang rendah. Karena itu, jangan paksakan diri Anda melakukan pekerjaan yang berat. Jangan beridiri terlalu lama dan janga pula duduk terlampau lama. Usahakan istirahat Anda cukup. Namun jangan juga terlalu lama berdiam diri sebab akan membuat badan Anda justru semakin tidak enak.
  2. Tips menjaga kehamilan muda selanjutnya adalah menghindari rokok, obat-obatan tertentu, kafein, alkohol dan semua zat-zat yang bisa membahayakan kehamilan. Alkohol juga rokok bisa menganggu dan menghambat perkembangan janin Anda. bahkan kabarnya, jika sang ibu perokok, maka kemungkinan bayi terlahir tidak sempurna akan semakin besar. Sementara itu kafein juga sangat direkomendasikan untuk dihindari sebab bisa mempengaruhi jumlah zat besi di dalam darah dan akan memperparah gejala anemia yang lazim diderita wanita yang sedang hamil. Jadi, sebaiknya cermat!
      
     
  3. Tips selanjutnya adalah menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat hamil muda, biasanya wanita diserang rasa mual hingga nafsu untuk makan hilang. Hal ini memang normal adanya tapi walau bagaimanapun, perasaan ini tak boleh diikuti sebab jika calon ibu tidak makan maka janin akan kehilangan asupan nutrisi penting yang ia inginkan.
  4. Tips selanjutnya adalah pandai-pandailah mengelolas emosi sebab saat jamil muda biasanya mood wanita layaknya yoyo, naik dan turun. Hal ini disebabkan kondisi hormone yang sedang tak stabil karena kehamilan. Hal ini harus dilawan sebab ibu yang stress sangat rentan membahayakan janin yang ia kandung. Kelola emosi dengan benar, banyak-banyaklah mendekatkan diri pada tuhan, bercengkrama dengan suami, latihan meditasi dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang terbiasa mengusir stess dengan cokelat sebaiknya untuk sementara merubah kebiasaan tersebut sebab coklat juga mengandung kafein!
  5. Tips menjaga kehamilan muda selanjutnya terkait dengan aktifitas seksual suami dan istri. Memang hal tersebut adalah fitrah dan sah-sah saja dilakukan. Tapi di awal kehamilan aktifitas tersebut bisa berujung pada keguguran jika tidak dilakukan sesuai kondisi sang wanita. Jadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan. Aktifitas seksual harus dilakukan secara hati-hati (bahkan ada sebagian orang yang memilih stop sementara) jika kehamilan tersebut sangat beresiko tinggi seperti keguguran, ada riwayat melahirkan premature, adanya pendarahan di dalam vagina, plasenta previa dan semacamnya. 
 

Selamat menjaga sang cabang bayi ya!
TIPS MERAWAT KUCING AGGORA
Merawat kucing Anggora bisa dibilang hampir sama dengan merawat kucing-kucing ras lain yang berbulu semi-longhair dan longhair. Namun tentu saja akan sedikit berbeda denagn merawat kucing berbulu pendek ataupun kucing kampung.  Baca artikel Mengenal Kucing Anggora untuk mengetahui lebih banyak tentang kucing ini.
Cara merawat kucing anggora yang baik memang berbeda-beda menurut tiap individu yang emmelihara kucing cantik ini. Namun secara garis besar bisa dibilang relatif sama, yaitu tentang kebersihan si kucing dan kandang, mnu makanan, dan terakhir vaksinasi.
Berikut ini ada beberapa Tips merawat kucing Anggora yang semoga akan berguna bagi anda yang baru, akan atau sudah memelihara kucing anggora
Untuk makanan kucing anggora, akan lebih baik kalau dibiasakan sejak kecil untuk makan makanan kucing yang kering (dry food). Karena menurut beberapa pakar, makanan kaleng untuk kucing (wet food) tidaklah bagus untuk kesehatan jangka panjang si kucing. Selain itu, lebih baik untuk tidak mencoba memberikan makanan lain selain catfood seperti ikan, ayam, atau makanan hewani lainnya. Makanan tersebut cenderung akan mengganggu pertumbuhan bulu si kucing anggora.
Untuk porsinya, anda bisa memberinya makan 3x sehari dengan porsi 1 takaran full unutk porsi kucing dewasa. Atau anda bisa melihat sendiri takaran yang dianjurkan pada bungkus makanan kucing yang anda beli tersebut. 
Untuk minumnya, saya rasa kalau sudah dewasa beri saja air putih yang mateng sudah cukup. Kucing Anggora berumur 6 bulan sudah bisa dikategorikan kucing dewasa. Memberinya susu boleh, tetapi jangan sering-sering dan jangan susu untuk manusia. Belikan susu rotal canin.
Pastikan ukuran kandang kucing anggora sesuai dengan ukuran tubuhnya. Misal kucing anggora anda sudah seberat 4 kg, maka anda bisa menggunakan kandang berukuran 90 x 63 x 65 cm. Kandang yang baik adalah yang terbuat dari aluminium, sehingga tidak berkarat, dan jerujinya lebar agar sirkulasi udaranya bagus.
Bersihkan kotak pasir setiap hari (baca cara membersihkan kotak pasir) dan cuci kandang seminggu sekali, lalu semprot dengan desinfektan.
Untuk kesehatan kucing anggora, yang paling penting adalah setelah kucing berumur 3 bulan segera lakukan vaksinasi. Ikuti saja saran dokter untuk melakukan vaksinasi apa saja. Biasanya dokter akan mewajibkan 3 kali vaksinasi, sementara yang tahunan mereka sebut "tidak wajib".
Untuk menjaga kebersihannya, anda berlu memandikannya setidaknya 2 minggu sekali. Seminggu sekali juga lebih bagus. Dan agar bulunya tidak kusut, sisirlah sehari sekali.
Saya rasa demikian adalah poin penting dalam merawat kucing Anggora, jika ada yang mau menambahkan, silahkan tulis di komen. Kalau komen anda tidak asal-asalan, mungkin akan kami pertimbangkan untuk dimasukkan dalam artikel Cara merawat kucing Anggora ini. ^_^
  HUKUM MENIKAH
Hukum Menikah ada 5 :
1. Wajib
2. Sunah
3. Mubah
4. Makruh
5. Haram
Wajib
Hukum nikah dikatakan wajib apabila : orang yang sudah baligh, sudah memiliki pekerjaan/penghasilan belum memiliki pasangan, tetapi memiliki libido yang tinggi, maka hukum nikah menjadi Wajib baginya.
Untuk mencegah terjadinya hub. Pranikah/perzinahan.
Sunah
Hukum nikah dikatakan Sunah apabila : orang yang sudah baligh, sudah memiliki pekerjaan/penghasilan belum memiliki pasangan, tetapi masih dapat mengontrol syahwatnya, maka hukum nikah menjadi Sunah baginya.
Mubah
Mubah merupakan Hukum dasar nikah, dikatakan Mubah karena Nikah tidak dapat dicegah dengan apapun, jika keduanya sudah cocok dan siap baik yang sudah berpenghasilan ataupun tidak, hingga hingga ada larangan dari nash.
Makruh
Hukum nikah dikatakan Makruh apabila : Menikah dengan tujuan tidak baik, misal : seorang laki-laki karena memiliki trauma terhadap perempuan, menikah hanya dijadikan ajang untuk melampiaskan dendam, dsb.
Haram
Hukum nikah dikatakan haram apabila : orang yang sudah baligh sudah memiliki pasangan untuk menikah tetapi belum memiliki penghasilan yang tetap, dikatakan haram karena menikah merupakan tanggung jawab, dan jika belum mampu untuk menafkahi dirinya bagaimana menafkahi orang lain.
Usahakan untuk berikhtiar mencari pekerjaan yang tetap dahulu, tidak mungkin anak dan istri kita akan di kasih makan batu bukan?

Syarat, Rukun dan Wajib Haji

A. Syarat Wajib Haji

Syarat wajib haji adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang sehingga dia diwajibkan untuk melaksanakan haji, dan barang siapa yang tidak memenuhi salah satu dari syarat-syarat tersebut, maka dia belum wajib menunaikan haji. Adapun syarat wajib haji adalah sebagai berikut :

1. Islam
2. Berakal
3. Baligh
4. Merdeka
5. Mampu

B. Rukun Haji

Yang dimaksud rukun haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji, dan jika tidak dikerjakan hajinya tidak sah. Adapun rukun haji adalah sebagai berikut :

1. Ihram
Ihram, yaitu pernyataan mulai mengerjakan ibadah haji atau umroh dengan memakai pakaian ihram disertai niat haji atau umroh di miqat.

2. Wukuf
Wukuf di Arafah, yaitu berdiam diri, dzikir dan berdo'a di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah.

3. Tawaf Ifadah
Tawaf Ifadah, yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, dilakukan sesudah melontar jumrah Aqabah pada tanggal 10 Zulhijah.

4. Sa'i
Sa'i, yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 Kali, dilakukan sesudah Tawaf Ifadah.

5. Tahallul
Tahallul, yaitu bercukur atau menggunting rambut setelah melaksanakan Sa'i.

6. Tertib
Tertib, yaitu mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal.

C. Wajib Haji

Wajib Haji adalah rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji sebagai pelengkap Rukun Haji, jika salah satu dari wajib haji ini ditinggalkan, maka hajinya tetap sah, namun harus membayar dam (denda). Yang termasuk wajib haji adalah :

1. Niat Ihram, untuk haji atau umrah dari Miqat Makani, dilakukan setelah berpakaian ihram.

2. Mabit (bermalam) di Muzdalifah, pada tanggal 9 Zulhijah (dalam perjalanan dari Arafah ke Mina).

3. Melontar Jumrah Aqabah, pada tanggal 10 Zulhijah yaitu dengan cara melontarkan tujuh butir kerikil berturut-turut dengan mengangkat tangan pada setiap melempar kerikil sambil berucap, “Allahu Akbar, Allahummaj ‘alhu hajjan mabruran wa zanban magfura(n)”. Setiap kerikil harus mengenai ke dalam jumrah jurang besar tempat jumrah.

4. Mabit di Mina, pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah).

5. Melontar Jumrah Ula, Wustha dan Aqabah, pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah).

6. Tawaf Wada', yaitu melakukan tawaf perpisahan sebelum meninggalkan kota Mekah.

7. Meninggalkan perbuatan yang dilarang saat ihram.

Manfaat dan Keistimewaan Puasa di Bulan Rajab

1. Laksana puasa sebulan.
Rasulullah SAW bersabda,
“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.”
HR. At-Thabrani
2. Mencatat Amalnya selama 60 Bulan.
Rasulullah SAW bersabda,
“Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

Abu Hurairah.

3. Puasa 7 hari pada bulan Rajab akan menutup pintu neraka baginya.

4. Puasa 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

5. Puasa 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa-dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6. Puasa sehari pada bulan Rajab akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga.
Rasanya manis melebihi madu.

Sebenarnya kita tidak boleh melihat apa yang kita dapatkan dalam berpuasa akan tetapi kita niati dengan rasa ikhlas karena alloh swt makan allah swt yang akan memberikan rahmat dan hidayah dan Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikarunia minum dari sungai tersebut.”

Subhanalloh yang maha kuasa, yang maha pengasih dan maha penyayang itu adalah kekuasaan alloh kita sudah di janjikan oleh Alloh Swt mudah-mudahan informasi AhmadHakim  ini dapat memberi informasi bagi kaum muslim tentang  Manfaat dan Keistimewaan Puasa di Bulan Rajab